Headlines News :
Home » » Rapat Bersama PBNU – LP Ma’arif NU Bahas Pengelolaan Pendidikan NU

Rapat Bersama PBNU – LP Ma’arif NU Bahas Pengelolaan Pendidikan NU

Written By Moh Wahyudi on Kamis, 06 Maret 2014 | 14.24

Rapat Bersama PBNU – LP Ma’arif NU Bahas Pengelolaan Pendidikan NUJakarta, Ma’arif Online – Nasib masa depan satuan pendidikan di lingkungan Nahdlatul Ulama menjadi bahasan sengit pada Rapat Bersama Pengurus Pusat LP Ma’arif NU dan PBNU. Termasuk sejauhmana langkah jam'iyyah NU menangani pendidikan di lingkungan NU sendiri.
Rapat bersama yang dihadiri langsung Ketua Umum PBNU, Prof. Dr. KH. Daid Agil Siraj, MA, Sekjen PBNU, H. Marsudi Suhud, dr.H.Bina Suhendra selaku Bendahara Umum, dan Wakil Sekjen PBNU, H. Masduki Baidawi, juga hadir Ketua PP LP Maarif NU, HZ. Arifin Junaidi, Sekretaris, Mohammad Zamzami beserta jajaran pengurus harian PP LP Ma’arif NU lainnya. Rapat tersebut, berlangsung di ruang rapat Ketua Umum PBNU yakni Gedung PBNU I Jakarta, Rabu (19/2).
Maksud diadakannya rapat bersama ini dalam rangka persiapan Rapat Pleno PP LP Ma’arif NU yang akan dilaksanakan di Jakarta, 4 Maret mendatang. Pada Rapat Pleno itu nanti, salah satu masalah krussial yang masih perlu digodog adalah tentang penataan dan pengelolaan sekolah/madrasah yang selama ini telah ditangani LP Ma’arif NU.
Sebagaimana dikemukakan Ketua PP LP Ma’arif NU, HZ Arifin Junaidi, bahwa penataan badan hukum sekolah/madrasah di lingkungan LP Maarif NU merupakan hal mendasar dan penting untuk diperhatikan. Pada kesempatan itu. Arjuna sapaan akrab Arifin Junaidi, juga melaporkan tentang rencana pendirian Pengurus Cabang Istimewa (PCI) LP Maarif NU Saudi Arabia sekaligus rencana pendirian Sekolah Internasional Ma’arif di Makkah.
Tanggapan positif atas berbagai persoalan yang dilontarkan LP Ma’arif NU, dijawab spontan oleh Ketua Umu PBNU dengan menginstruksikan langsung untuk ditindaklanjuti segera oleh ketua dan sekretaris yang membidangi pendidikan. “Saya rasa tindakan LP Ma’arif NU menyangkut kebijakan pendidikan NU ini sudah benar, selama ini hanya sedikit ada salah faham sehingga belum disepakati semua,” ungkap Kiai Said sembari tersenyum simpul.
Sekretaris PP LP Ma’arif NU, Mohammad Zamzami, MA, juga berharap, mudah-mudahan rapat koordinasi PBNU - PPLP Ma’arif NU pada 19 Pebruari 2014 yang lalu segera ditindaklanjuti dengan ditetapkannya tata kelola pendidikan di lingkungan NU yang bisa menjadi rujukan teknis LP Ma’arif NU, baik di tingkat pusat, wilayah, cabang maupun MWC serta memberi arah yang strategis bagi pengelolalaan satuan pendidikan di lingkungan NU.
Sebagaimana diketahui bahwa sejumlah sekolah/madrasah di lingkungan NU atau Ma’arif di seluruh Indonesia yang berjumlah lebih kurang 13.000 tersebut, sedikitnya dikategorikan mejadi (3) tiga jenis. Pertama, sekolah/madrasah milik NU (Ma’arif) yaitu yang nama, akte pendirian dan pengelolanya mengatas namakan NU atau LP Ma’arif NU. Kedua, sekolah/madrasah milik pengurus NU (Ma’arif) yaitu yang namanya menggunakan label NU atau LP Ma’arif NU, namun akte pendirian dan pengelolanya menggunakan Yayasan tersendiri. Ketiga, sekolah/madrasah milik jama’ah NU (perorangan) yaitu baik yang namanya menggunakan label NU/ Ma’arif NU atau tidak sama sekali tapi berafiliasi ke NU/Ma’arif NU, serta akte pendirian dan pengelolanya juga menggunakan Yayasan tersendiri.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Allohumma inni as-aluka wa atawajjahu ilaika bi nabiyyika nabiyyir rohmah. Ya muhammad inni tawajjahtu bika ila robbika fa yaqdhi hajati, al-fatihah