Sejarah
Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (PP LP Ma'arif NU)
merupakan salah satu aparat departementasi di lingkungan organisasi
Nahdlatul Ulama (NU). Didirikannya lembaga ini di NU bertujuan untuk
mewujudkan cita-cita pendidikan NU. Bagi NU, pendidikan menjadi pilar
utama yang harus ditegakkan demi mewujudkan masyarakat yang mandiri.
Gagasan dan gerakan pendidikan ini telah dimulai sejak perintisan
pendirian NU di Indonesia. Dimulai dari gerakan ekonomi kerakyatan
melalui Nadlatut Tujjar (1918), disusul dengan Tashwirul Afkar (1922) sebagai gerakan keilmuan dan kebudayaan, hingga Nahdlatul Wathan
(1924) yang merupakan gerakan politik di bidang pendidikan, maka
ditemukanlah tiga pilar penting bagi Nadhlatul Ulama yang berdiri pada
tanggal 31 Januari 1926 M/16 Rajab 1334 H, yaitu: (1) wawasan ekonomi
kerakyatan; (2) wawasan keilmuan, sosial, budaya; dan (3) wawasan
kebangsaan.
Untuk merealisasikan pilar-pilar tersebut ke dalam kehidupan bangsa
Indonesia, NU secara aktif melibatkan diri dalam gerakan-gerakan
sosial-keagamaan untuk memberdayakan umat. Di sini dirasakan pentingnya
membuat lini organisasi yang efektif dan mampu merepresentasikan
cita-cita NU; dan lahirlah lembaga-lembaga dan lajnah: seperti Lembaga
Dakwah, Lembaga Pendidikan Ma'arif, Lembaga Sosial Mabarrot, Lembaga
Pengembangan Pertanian, dan lain sebagainya--, yang berfungsi
menjalankan program-program NU di semua lini dan sendi kehidupan
masyarakat. Gerakan pemberdayaan umat di bidang pendidikan yang sejak
semula menjadi perhatian para ulama pendiri ( the founding fathers ) NU
kemudian dijalankan melalui lembaga yang bernama Lembaga Pendidikan
Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU). Lembaga ini bersama-sama dengan
jam'iyah NU secara keseluruhan melakukan strategi-strategi yang
dianggap mampu mengcover program-program pendidikan yang dicita-citakan
NU.
Refrensi:
- (Indonesia) Situs web resmi LP Ma'arif NU
- (Indonesia) Situs Resmi LP Maarif Kab. Temanggung
- (Indonesia) Situs Resmi LP Ma'arif Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Posting Komentar