Headlines News :
Home » , , , » Mengenang Sang Tokoh dan Pejuang Pendidikan NU Prof. Dr. KH. M. Tholchah Hasan

Mengenang Sang Tokoh dan Pejuang Pendidikan NU Prof. Dr. KH. M. Tholchah Hasan

Written By mts ma'arif nu on Senin, 03 Juni 2019 | 00.25



Kiai Tolchah Hasan meninggal hari ini 29 Mei 2019 bertepatan dengan hari ke 24 bulan suci Ramadhan. Berikut fakta-fakta tentang tokoh dan pejuang pendidikan NU menurut Nadirsyah Hosen Rais Syuriyah PCI Nahdlatul Ulama Australia – New Zealand.

  1. Beliau adalah pendiri UNISMA (Univ Islam Malang), Menteri Agama era Presiden Gus Dur, dan mantan Wakil Rais Aam PBNU era Kiai Sahal Mahfud. Kepergian beliau adalah duka dan kerugian besar untuk umat Islam;
  2. Baliau merupakan sosok yang teduh, bersahaja dan penuh dengan gagasan visioner khususnya masalah pendidikan dan Aswaja. Beliau juga terus mengikuti pemikiran keislaman dengan mengupdate bacaan kitab kontemporer, seperti yang beliau diskusikan dengan saya;
  3. Beliau rutin mengelola pengajian kitab Ihya ‘Ulumiddin karya Imam al-Ghazali di rumahnya. Dan anehnya yg ikut ngaji itu termasuk para kiai. Kenapa? Sanad cerita ini dari kawan saya KH Abdul Adzim Irsyad. Dulu di Tebuireng, Tolchah remaja belajar pada KH Idris Kamali yg legendaris itu. Saat Tolchah dan kawannya minta ngaji kitab Ihya, Kiai Idris meminta mereka datang lagi esok hari. Lantas keesokan harinya, Kiai Idris menuturkan bhw beliau sdh minta ijin Imam al-Ghazali untuk mengajar Ihya. Bahkan Imam al-Ghazali sendiri yg memilihkan nama-nama santri yg layak ikut ngaji Ihya.  Kiai Tolchah termasuk yg dipilih untuk ngaji Ihya. Itu sebabnya yang sudah selevel Kiai pun banyak yg kemudian ngaji Ihya di rumah Kiai Tolchah utk ngalap barokah Kiai Idris dan Imam al-Ghazali Sewaktu sowan ke rumah beliau beberapa bulan lalu, saya sempat mengutip isi kitab Ihya, dan beliau mengomentarinya. Niat saya juga tabarukan. Alhamdilillah; 
  4. Sewaktu th 2008 Kiai Tolchah kami undang safari Ramadhan ke Australia, saya ingat betul beliau menarik tangan saya masuk kembali ke kamar beliau setelah kawan-kawan yg lain keluar kamar. Kiai Tolchah mengatakan senang dengan cara saya memimpin kawan-kawan NU. Beliau rupanya diam-diam memperhatikannya. Kata beliau tidak mungkin kawan-kawan anda begitu loyal dan taat seperti ini kalau kepemimpinan anda tidak merakyat;

Lantas beliau merobek kertas kecil dan menuliskan wirid untuk saya baca, untuk diamalkan menjadi pemimpin. Saya dengan takjub menerimanya meski tidak benar-benar paham maksud beliau. sebagai santri saya sami’na wa atha’na. Adm


Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Allohumma inni as-aluka wa atawajjahu ilaika bi nabiyyika nabiyyir rohmah. Ya muhammad inni tawajjahtu bika ila robbika fa yaqdhi hajati, al-fatihah